Ringkasan Jurnal 1

RINGKASAN JURNAL

“Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Sistem Informasi dan Pengggunaan Sistem Informasi”

(Studi Emiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta)

Pengarang :

Rini Handayani

Staff Pengajar STIE Atma Bhakti Surakarta

Kemampuan bersaing dipasar khususnya di Bursa Efek memerlukan strategi yang dapat memanfaatkan semua kekuatan dan peluang yang ada serta bisa menutup kelemahan dan dan menetralisasi hambatan strategi dalam dinamika dunia bisnis yang dihadapi yang dilakukan dengan pemanfaatan sistem informasi sebagai salah sastu strategi untuk bisa bersaing dengan berbagai industri dipasar. Oleh karena itu, maka diadakanlah suatu penelitian yang menguji faktor – faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan sistem informasi pada industri manufaktur.

Sampel dalam penelitian ini diambil dari karyawan – karyawan bagian akuntansi dan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Alas am mengkhususkan pengambilan sampel pada industri manufaktur adalah karena industri manufaktur merupakan industri yang paling kompleks aktivitasnya sehingga diasumsikan bahwa perusahan – perusahaan manufaktur selalu membutuhkan sistem informasi guna menunjang aktivitas operasinya yang membutuhkan keefektifan dan keefesienan.

Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini diantaranya ; bagaimana pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan faktor sosial terhadap pemanfaatan sistem informasi serta bagaimana pengaruhnya kondisi – kondisi yang memfasilitasi pemakai dan minat pemanfaatan sistem informasi terhadap penggunaan sistem informasi.

Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk menemukan bukti empiris dalam pengujian pengaruh variable ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha dan faktor sosial terhadap minat pemanfaatan sistem informasi, serta menemukan bukti empiris mengenai pengaruh variable kondisi – kondisi yang memfasilitasi pemakai dan minat pemanfaatan sistem informasi terhadap penggunaan sistem informasi itu sendiri.

Teori yang dibahas dalam penelitian ini yaitu mengenai sistem informasi yang telah menguji perilaku pengguna dan penerimaan sistem dari berbagai perspektif. Pada pembahasan pengaruh ekspektasi kinerja terhadap minat pemanfaatan sistem informasi diperoleh hipotesis yaitu ekspektasi kinerja mempunyai pengaruh positif signifikan terhada minat pemanfaatan sistem informasi. Pada pembahasan mengenai pengaruh ekspektasi usaha terhadap minat pemanfaatan sistem informasi diperoleh suatu hipotesis bahwa ekspektasi usaha berpengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan sistem informasi. Pembahasan mengenai pengaruh faktor sosial terhadap minat pemanfaatan sistem informasi mendapati hipotesis bahwa faktor sosial mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat pemanfaatan sistem informasi. Pembahasan tentang pengaruh kondisi – kondisi yang memfasilitasi pemakai terhadap penggunaan sistem informasi memperoleh suatu hipotesis bahwa kondisi – kondisi yang memfasilitasi pemakai berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan sistem informasi. Pada pembahasan variabel terakhir mengenai pengaruh minat pemanfaatan sistem informasi terhadap penggunaan sistem informasi didapati hipotesis bahwa minat pemanfaatan sistem informasi mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap penggunaan sistem informasi.

Metode penelitian yang dipakai dalam pembahasan beberapa variabel diantaranya menggunakan desain penelitian dengan metode survey yang menggunakan 2 variabel yaitu ; variabel independen(X) dan variabel dependen(Y). Yang menjadi variabel independen (X) dalam penelitian ini adalah ekspektasi kinerja(X1), ekspektasi usaha(X2), faktor sosial(X3), kondisi – kondisi yang memfasilitasi pemanfaatan sistem informasi(X4). Sedangkan yang menjadi variabel dependennya ( Y ) adalah minat pemanfaatan sistem informasi(Y1) dan penggunaan sistem informasi(Y2). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dengan sumber data yaitu data primer (data yang berasal langsung dari objek penelitian) berupa kuisoner yang diberikan secara langsung kepada para responden. Sedangkan yang menjadi populasi dari penelittian ini adalah perusahaan – perusahaan yang bergerak dalam industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah pengujian Regresi Berganda (Multiple Regression) dengan mengunakan program SPSS 11.5 dengan model persamaan regresi sebagai berikut : Y1 = β1X12X23X3 dan Y2 = β4Y15X4+ε.

Setelah dilakukan pengujian terhadap hipotesis – hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, maka didapati hasil yang menyimpulkan bahwa ekspektasi kinerja dan ekspektasi usaha mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat pemanfaatan sistem informasi yang artinya para responden yakin bahwa dengan menggunakan sistem informasi akan membantu dalam meningkatkan kinerjanya. Sedangkan faktor sosial berpengaruh positif tetapi pengaruhnya tidak signifikan terhadap minat pemanfaatan sistem informasi. Hal ini berarti bahwa lingkungan sosial disekitar responden seperti teman sekeeja, manajer senior, pimpinan dan organisasi tidak mendukung atau tidak mempengaruhi mereka dalam memanfaatkan sistem informasi dan pemanfaatan sistem infomasi tidak akan meningkatkan status mereka. Kondisi – kondisi yang memfasilitasi pemakai terbukti mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penggunaan sistem informasi yang berarti bahwa semakin banyak infrastruktur organisasi dan teknis yang ada maka reponden akan semakin cenderung menggunakan sisrem informasi. Sedangkan minat pemanfaatan sistem informasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap penggunaan sistem informasi, artinya hal ini menunjukkan bahwa para responden kurang mempunyai minat untuk memanfaatkan sistem yang ada dalam perusahaan sehingga sistem tidak akan mencapai hasil yang maksimal.

Hasil penelitian yang telah didapat mengenai analisis faktor – faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan sistem informasi dan penggunaan sistem informasi diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan – perusahaan khususnya yang bergerak di bidang manufaktur dalam mengembangkan sistem informasi. Bagi para peneliti selanjutnya dapat mempertimbangkan untuk menggunakan variabel penelitian yang berasal dari faktor intrinsik pemakai sistem informasi.

0 Responses